Museum Pendidikan Indonesia UNY Tetap Eksis Selama Ramadhan

Taman dalam MPI UNY

Selama bulan suci Ramadhan (1444 H), Museum Pendidikan Indonesia UNY tetap menerima kunjungan. Adapun jam buka MPI UNY pada hari Senin s/d Kamis, mulai dari pukul 08.00 hingga 14.30 WIB, sedangkan hari Jum’at mulai dari pukul 08.00 hingga 13.30 WIB. Khusus hari Sabtu dan Minggu, MPI UNY libur.

Sebagai salah satu destinasi wisata pendidikan, MPI UNY juga menyediakan taman yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Salah satunya, digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas ataupun sekedar beristirahat sejenak setelah berkeliling museum. Saat bulan puasa, taman MPI UNY juga dapat digunakan sebagai tempat ngabuburit menjelang berbuka puasa.

Tidak melupakan euforia kunjungan di MPI UNY, berikut terdapat beberapa kunjungan di awal bulan Maret 2023, menjelang puasa Ramadhan dimulai.

MPI UNY telah menerima sebanyak 24 kunjungan rombongan dari SD, SMP dan SMA, yaitu SDN Negeri Deresan, SMP Kanisius Sukorejo, SMAN 1 Tuban, SMAN 1 Galur, SMAN 1 Karangnunggal, SMAN 2 Cikarang Utara, SMA IT Tunas Bangsa Depok, SMAN 1 Astanajapura, MAN 2 Sragen, SMAN 1 Nawangan, SMAN Jogoroto, SMAN 3 Tambun, Man 1 Gresik, SMAN Al-Ghifari, SMAN 3 Babelan, MAN 1 Pasuruan, MA Al-Imdad Bantul, SMA 3 Cimahi, SMA Djuwita, SMAN 2 Cikarang Selatan, SMAN 7 Tasikmalaya, MAN 8 Tasikmalaya, SMAN 1 Ciwaru Kuningan dan SMAN 1 Bancar.

 

Sebagian besar siswa dan siswi sekolah sangat antusias memasuki ruang Realia Kelas Tempo Doeloe. Di ruang ini mereka merasakan suasana kelas jaman dulu yang masih menggunakan gedeg (anyaman bambu) sebagai dinding bangunannya. Mereka diperbolehkan duduk untuk merasakan bangku sekolah jaman dulu yang begitu berbeda dengan bangku sekolah jaman sekarang.

Biasanya, siswa dan siswi tersebut diminta untuk mengerjakan jurnal yang berisi apa saja koleksi di MPI UNY. Sehingga, mereka juga turut aktif dalam mengambil dokumentasi setelah membaca berbagai informasi koleksi di MPI UNY.

Meski telah memasuki bulan Ramadhan, MPI UNY tetap siap menerima kunjungan dari berbagai kalangan. Dengan harapan, MPI UNY tetap dapat mengedukasi pengunjung serta memberikan pengalaman pendidikan dan hiburan yang bermanfaat di bulan suci Ramadhan ini.

Penulis : Ajeng Rosiyani Dewi