Pameran Seni Cetak Grafis dan Screning Film Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY

Pameran Seni Cetak Grafis

Salam Sahabat Museum

Pameran Seni Cetak Grafis, bertempat di Museum Pendidikan Indonesia UNY pada hari Rabu, 14 Juni 2023. Pameran ini bertempat di Ruang Pamer Temporer MPI UNY.  Pameran dibuka secara resmi oleh Ketua Departement Pendidikan Seni Rupa, Prof. Dr. I Wayan Suardana, M.Sn., dan disambut oleh Kepala MPI UNY, Prof. Dr. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd. Pameran ini merupakan proyek tugas akhir mata kuliah pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY. Adapun yang bertugas sebagai pelaksana adalah mahasiswa S1 Pendidikan Seni Rupa FBSB angkatan 2022.

Pameran ini mengambil tema “Seni Cetak Grafis-Grafistasi Art Exibition”. Tema ini diusung sebagai bentuk apresiasi mahasiswa terhadap seni cetak grafis yang sudah jarang digunakan.  Pameran seni cetak grafis ini berlangsung dari tangal 14 sampai 21 Juni 2023. Pengunjung dapat menikmati pameran dengan menggunakan scan barcode untuk mengetahui lebih lanjut narasi koleksi yang dipamerkan.

Bersamaan dengan hari pertama pameran ini, di Ruang Cinema MPI UNY juga diadakan Sharing Session  dan Screening Film dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2021. Kegiatan ini dibuka bersamaan dengan pembukaan Pameran Seni Cetak Grafis oleh Prof. Dr. I Wayan Suardana, M.Sn. sebagai Ketua Departement Pendidikan Seni Rupa. Sharing Session dan Screening Film menjadikan film animasi sebagai tema pokok bedah film, dengan menampilkan film animasi dua dan tiga demensi. Adapun beberapa judul film animasi dua dimensi antara lain; “Mancing, dan The Gentlemen”, sedangkan untuk judul film tiga dimensi adalah “Momentum Kesadaran”. Acara Sharing Session dan Screening Film dihadiri oleh Yudittya Affandi sebagai narasumber, yang akan membedah film karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2021 ini.

Kedua kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Museum sebagai penjaga dan pelestari hasil kebudayaan, serta sebagai wujud dari nilai kependidikan. Menurut Koentjaraningrat, kesenian merupakan salah satu wujud dari unsur kebudayaan, oleh karenanya seni grafis dan film adalah salah satu bentuk dan wujud nyata dari kebudayaan. MPI UNY memfasilitasi kegiatan Pameran, Sharing Session  dan Screening Film ini karena mengandung unsur pendidikan dalam kegiatan ini, unsur pendidikan yang dimaksud adalah  nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film, seperti nilai karakter kesabaran dalam film berjudul “Mancing”.

 

Penulis : Febta Pratama

Editor : Hanafi Husni Mubaroq