MPI UNY di Jogja Museum Expo 2022

mpijogjamuseumexpo

 

Dinas Kebudaayaan DIY menggelar event Jogja Museum Expo 2022 sebagai rangkaian peringatan Satu Dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan Derah Istimewa Yogyakarta. Event tersebut bertajuk "UJWALITA : Merayakan keragamanan dan meneguhkan kekuasaan" yang melibatkan museum-museum di DIY. Melalui event tersebut, museum dapat membangun citra positif dan konstruktif pada masyarakat luas. Museum juga dapat menuangkan berbagai ide kreatif dalam menarik pengunjung dan mengenalkan museum-museum yang ada di DIY.

Museum Pendidikan Indonesia UNY sebagai salah satu museum yang bercorak pendidikan turut meramaikan event Jogja Museum Expo. Event tersebut bertempat di  Sleman City Hall, Jl. Magelang  Denggung, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DIY. Pameran museum diselenggarakan selama 5 hari, mulai 15-19 Agustus 2022. Pameran ini melibatkan 39 museum di Yogyakarta dan Barahmus DIY. Adapun rangkaian acara pada Jogja Museum Expo 202 antara lain: Pameran Tematik, Program Pameran Promo Museum, Pentas Pertunjukan dari 24 sekolah, SD/ SMP/ SMA di DIY, Pentas Pertunjukan Reguler, Kurator Talk, Permainan Interaktif, Artistik Seniman Kolaborasi dan Kunjungan Museum. Opening ceremony dari pameran ini dibuka dengan sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, S.S., M.A,. Selain itu, Kepala MPI UNY, Prof. Dr. Dra. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd. juga turut mengikuti acara pembukaan bersama kepala museum DIY lainnya.

Pameran tematik Jogja Museum Expo 2022 diisi dengan koleksi-koleksi yang menggambarkan sejarah DIY dari berbagai sisi, yaitu budaya, perjuangan dan pendidikan. Adapun koleksi-koleksi MPI UNY yang dipajang pada pameran tematik tersebut, antara lain : papan tulis kayu, meja kursi jaman dulu dan buku pelajaran jaman dulu. Koleksi-koleksi di pameran tematik ini berasal dari masing-masing museum yang hadir dan dipilih langsung oleh kurator pameran, yaitu Sektiadi, S.S., M.Hum., Baha Uddin, S.S., M.Hum., dan Khoirul Anam, S.Sn, M.A.  Selain pameran tematik, terdapat stand khusus untuk masing-masing museum sebagai media promosi museum. Stand MPI UNY merupakan salah satu stand favorit dalam event ini, dengan menyajikan mini games, photobooth dan tukar informasi bagi yang mengunjungi stand tersebut.

Jogja Museum Expo berlangsung lancar dan meriah. Selain mendapatkan informasi mengenai museum-museum DIY, pengunjung pameran juga menikmati segala pertunjukkan yang ditampilkan di event tersebut. Segala momen dalam pameran museum ini diharapkan dapat menghadirkan kembali keberadaan museum secara langsung semenjak pandemi covid-19, dan dapat mewujudkan museum sebagai ruang belajar dan hiburan bagi masyarakat.

Penulis : Ajeng Rosiyani Dewi