Forum Group Discussion MPI UNY

MPI Selenggarakan FDG dengan Guru PAUD Se DIY

Sabtu 22 Juni 2024, bertempat di Ruang Cinema MPI UNY,  diselenggarakam diskusi akademik dalam bentuk Forum Group Discussion. Kegiatan ini mengammbil tema “Pengembangan Model Apresiasi Kunjungan Musuem  Pendidikan UNY berbasis kearifan lokal Untuk Anak Usia Dini”.

MPI UNY sebagai wahana pelestarian pendidikan dan penelitian mulai melakukan kajian akademik sebagai bentuk dari riset unggulan perguruan tinggi.  Hal ini dilakukan MPI UNY sebagai bagian bahwa MPI UNY adalah museum untuk semua golongan, termasuk anak usia Dini.

Diskusi ini menghadirkan para guru Paud dan TK dari wilayah DIY, yakni Sleman, Gunung Kidul, Bantul, Kulon Progo dan dan Kota Yogyakarta.  Selain dihadiri guru, Diskusi ini juga di hadiri oleh beberapa orang dosen dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UNY.

Diskusi Akademik ini, menghadirkna tiga pembicara hebat, yang pertama adalah Kepala MPI UNY bapak Prof. Dr. Drs. Maman Suryaman, M.Pd  yang membuka sesi materi dengan mengangkat tema tentang perkembangan dan fungsi MPI UNY.  Pembicara kedua adalah Guru Besar FBSB UNY sekaligus Budayawan, bapak Prof. Dr. Suminto A Sayuti.  Pada sesi pemaparannya beliau memberikan materi yang bertemakan Kearifan Lokal di Era Global pentingnya Pendidikan.  Dan Sesi meteri diakhiri oleh pemateri ketiga yakni Sekretaris MPI UNY sekaligus dosen PG PAUD UNY bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. Pada sesi ketiga ini,  materi yang berikan adalh inovasi Materi dan Konten Apresiasi  Seni Kunjungan Museum Pendidikan Indonesia UNY.

Kegiatan diskusi ini di respon positif oleh peserta, hal ini terlihat dari Antusias peserta mengikuti  tahap demi tahap rangkaian acara.  Diskusi ini menghasilkan berbagai masukan dan saran yang sangat penting buat UNY dan MPI pada khususnya.  Kegiatan diskusi ini diakhir dengan sesi foto bersama di ruang cinema MPI UNY.