Ki Hadjar Dewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern

Ki Hadjar Dewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern
Pengarang
Abdurrahman Surjomiharjo

Data Buku

a.       Pengarang  : Abdurrahman Surjomiharjo

b.      Judul            : Ki Hadjar Dewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern

c.       Penerbit      : Sinar Harapan

d.      Tahun          : 1986

e.      Narasi          : Buku ini mencoba menarasikan bagaiman  politik pengajaran yang dilakukan oleh pemerintah colonial hindia Belanda.  Kemudian bagaiaman pendidikan masa colonial  dari masyrakat sipil.  Serta politik pengajaran  Pemerintah colonial Hindia Belanda terhadap sekolah partikelir.  Dalam arus pergerakan  buku  ini menjelaskan tiga  aliran pertama dalam pergerakan nasional, munculnya kesadaran nasional  serta  kemunculan pertama konsep  atau pemikiran pendidikan nasional. Buku ini menjelaskan bagaimana penerapan dalam asas pendidikan serta implikasinya terhadap  ordonansi  sekolah liar. Buku ini juga melihat budaya sebagai  bagian dari  proses pendidikan masyarakat  utaman di taman siswa, serta  buku ini juga memberikan wacana  bagaimana pendidikan  taman siswa dalam pemikiran pemerintah colonial Hindia Belanda terutama para pejabat colonial. Buku ini mnejelaskan bagaimana  taman siswa dalam kanca politiki Indonesia, yakni bagaimana jawaban awal terhadap pengajaran colonial, bagaimana kasi dan reaksinya  terhadap  pendidikan saat perang pasifik berlangsung.  Kuemidan buku ini juga menjelaskan  bagaiaman  pendidikan dan taman siswa  berpacu  dengan alam  dan zaman  yang semakin cepat berubah. Pada bagiam akhir buku ini menjelaskan bagaimana mengimplementasikan   Gagasan  Dasar Ki Hadjar Dewantara  tentang pendidikan.

Jenis Koleksi