Data Buku
a. Pengarang : Abdurrahman Surjomiharjo
b. Judul : Ki Hadjar Dewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern
c. Penerbit : Sinar Harapan
d. Tahun : 1986
e. Narasi : Buku ini mencoba menarasikan bagaiman politik pengajaran yang dilakukan oleh pemerintah colonial hindia Belanda. Kemudian bagaiaman pendidikan masa colonial dari masyrakat sipil. Serta politik pengajaran Pemerintah colonial Hindia Belanda terhadap sekolah partikelir. Dalam arus pergerakan buku ini menjelaskan tiga aliran pertama dalam pergerakan nasional, munculnya kesadaran nasional serta kemunculan pertama konsep atau pemikiran pendidikan nasional. Buku ini menjelaskan bagaimana penerapan dalam asas pendidikan serta implikasinya terhadap ordonansi sekolah liar. Buku ini juga melihat budaya sebagai bagian dari proses pendidikan masyarakat utaman di taman siswa, serta buku ini juga memberikan wacana bagaimana pendidikan taman siswa dalam pemikiran pemerintah colonial Hindia Belanda terutama para pejabat colonial. Buku ini mnejelaskan bagaimana taman siswa dalam kanca politiki Indonesia, yakni bagaimana jawaban awal terhadap pengajaran colonial, bagaimana kasi dan reaksinya terhadap pendidikan saat perang pasifik berlangsung. Kuemidan buku ini juga menjelaskan bagaiaman pendidikan dan taman siswa berpacu dengan alam dan zaman yang semakin cepat berubah. Pada bagiam akhir buku ini menjelaskan bagaimana mengimplementasikan Gagasan Dasar Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan.