Lomba Fotografi Meriahkan HUT MPI UNY ke-15

Lomba Fotografi Meriahkan HUT MPI UNY ke-15

Lomba Fotografi Meriahkan HUT MPI UNY ke-15

Festival Pendidikan 2023 merupakan konsep kegiatan yang dikemas dalam rangka memeriahkan HUT Museum Pendidikan Indonesia UNY yang ke-15. Festival Pendidikan ini mengusung tema “Meneguhkan Peran Museum sebagai Wahana Pelestarian Kebudayaan dan Pendidikan Karakter”. Berbagai kegiatan diselenggarakan oleh Museum Pendidikan Indonesia UNY sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Pendidikan 2023. Kegiatan tersebut diantaranya adalah Lomba Fotografi, Lomba Lukis, Lomba Vlog, Pameran Lukisan, Bedah Buku, dan Launching Logo Baru MPI UNY.

Lomba Fotografi diikuti puluhan peserta dari berbegai jenis pekerjaan dan generasi.  Pelaksanaan lomba dilaksanakan selama 20 hari, dengan objek berupa gedung dan benda koleksi MPI UNY. Penilaian karya dilakukan oleh tiga orang juri, yang terdiri dari akademisi dan praktisi. Antara lain Aran Handoko, M.Sn. dosen fotografi FBSB UNY, Muhammad Fajar Apriliyanto, M.Sn. dosen ISI Yogyakarta, dan Ayu Nuswantari, M.Pd., M.Sc. seorang praktisi fotografi dan permuseuman.

Sepuluh karya terbaik diumumkan satu hari sebelum acara puncak, dan diundang pada acara puncak HUT MPI 25 Juli 2023. Enam peserta dengan karya terbaiknya diumumkan sebagai pemenang/ juara saat acara puncak, dengan Juara 1 diraih oleh Bagus Budi Priyono, Juara 2 diraih oleh Conceicao Angelita Anggriyani Doutel, Juara 3 diraih oleh Ariq Dzaky Mubarak, Juara Harapan 1 diraih oleh Riya Cahyani, Juara Harapan 2 diraih oleh Yohanes Arinanto, dan Juara Karya Terfavorit diraih oleh Geloria Marsela Nanda. Seluruh pemenang berhak atas hadiah berupa trophy, sertifikat dan uang pembinaan, acara diakhiri dengan sesi foto bersama.