Antusias Mahasiswa Baru dalam PKKMB di Museum Pendidikan Indonesia UNY

PKKMB Pendidikan Sosiologi Fishipol

 

 

Edukasi merupakan tugas utama Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta (MPI UNY), Museum Pendidikan Indonesia telah melakukan berbagai upaya dan kerjasama dengan civitas UNY untuk dapat memberikan kontribusi dalam berbagai kegiatan, salah satunya dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). MPI UNY selalu berusaha untuk dapat mengedukasi mahasiswa dalam proses belajarnya, ataupun memfasilitasi berbagai kegiatan edukatif yang dilakukan oleh mahasiswa.

PKKMB memiliki tujuan untuk menyiapkan mental dan memberikan gambaran mengenai sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus bagi mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. PKKMB diselenggarakan pada setiap awal pergantian kalender akademik, atau awal kegiatan akademik. PKKMB menjadi sarana bersosialisasi  dan meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa baru. Mahasiswa baru dari berbagai Program Studi diberikan edukasi tentang sejarah pendidikan Indonesia di Museum Pendidikan Indonesia UNY, baik yang datang dengan cara mandiri, ataupun berkelompok.

 

Pengenalan kampus juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal civitas akademika, serta kultur di Universitas Negeri Yogyakarta. PKKMB yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNY merupakan salah satu contoh bentuk kerjasama antar lembaga dan civitas UNY, antara Museum Pendidikan Indonesia dengan Departemen Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNY tahun 2023. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 10 hingga 11 Agustus 2023, dengan tema “Aktualisasi Mahasiswa dalam Mewujudkan Semangat Integrasi di tengah Keberagaman dalam Menyongsong Masa Depan

Kegiatan ini diawali dengan keliling museum, berbagai pertunjukan yang dilakukan oleh panitia dan peserta, sambutan oleh Ketua Departemen, Ketua Hima, dan Ketua Pelaksana, Sharing Session, dan Awarding sebagai penutup kegiatan.

Penulis : Hanafi Husni Mubaroq